cerpen - Kisah sepasang suami istri






Pada sebuah kota ada sepasang suami istri, dan pada suatu pagi  Adam ke rumah ibu nya , dan mengambil makanan.
ibu : adam, kenapa kamu makan dsni ? istri mu gak masak ?
adam : masak bu
ibu : lalu ?
adam : biarlah ,, aku mw mkn di sini , mls aku mkn drmh
ibu : knp ? kamu ada masalah dengan istri mu ?
adam : iya bu .. dy seharian drmh gk ngapa2in,, aku yang capek plg dr kantor tp dy ngeluh capek,,
ibu : mmg dy selalu ngeluh ?
adam : gk sih buu ahir2 ini aja .. tapi kan dia gak aku suruh kerja di luar, cm drmh aja, jagain anak ,,
kemudian si ibu menelpon istri nya dan kembali ke meja mkn menemui adam yang sedang makan
adam : ibu sudah memarahi nya ?
ibu : iyaa ..,
keesokan hari nya adam plg sore ...
dy melihat anak nya masih memakai baju tidur sambil main di lumpur depan rumah , yang satu tiduran di lumpur dan yang 1 lagi hampir aja tercebur ke Got di samping rumah ,,
iya lalu membawa anak nya masuk, sesampai nya drmh dia melihat byk sekali kotoran ayam berserakan di dalam rumah,,
belom lg rumah dan isi lemari sudah habis berserakan di bongkar anak nya tadi ,, Kaset kaset berserakan di lantai, bedak sudah bercampur dengan pasir di depan ruang TV,,, lalu ia hendak ke kamar mandi memandikan anak nya ,, sampai di kamar mandi dia melihat air sudah membanjiri lantai sabun dan sikat gigi semua berserakan isi kulkas sudah bercampur dengan rak piring ,,
Adam makin emosi ketika melihat di tudung tidak ada apa2 ,, tidak ada nasi atau yang lain yang bisa di makan,.
bahkan Piring bekas kemaren masih berserakan di meja makan, susu anak pun sudah habis berserakan .. baju pun masih menumpul di kamar mandi,, rumah seperti kapal pecah,,
lalu dia kekamar dan mendapati istri nya sedang berbaring sambil dengerin musik pake hendset dan ngemil sembari ber balas chat di sosial media melalu HP nya ...
Amarah adam Memuncak ...
dia membawa kedua anak nya ke rumah ibu nya hendak memberitahukan perilaku istri nya itu ,,,
ketika sampai dirumah ,,, ibu nya menyambutnya dengan senyuman, namun adam sudah penuh dgan amarah,,
saat adam ingin memulai berbicara, ibu nya lalu berkata ,,,
" Iya nak,,, ibu sudah tau,,, ibu yang menyuruh dia utk membiarkan semua nya berantakan,, ibu yang menyuruh dia utk diam tanpa mengerjakan apa2,,,
tidak memasak, tidak menyapu, tidak menyuci pakaian , tidak mencuci piring, tidak menjaga anak mu, tidak mengurus rumah ,
ibu menyuruh nya agar diam saja tanpa melakukan apa pun,,
lalu ... bagaimana menurut mu ???
apakah ada yang mengurus anak mu jika istri mu hanya diam ?
apa ada yang memasak makanan utk mu jk istri mu hnya diam ?
apa ada yang mengurus pakaian mu dan anak2 mu jika istrimu hanya diam ?
apa ada yang mengutus rmh mu jika istri mu hanya diam ?
apa ada yang menjaga anak mu utk tidak membongkar semua isi lemari ? untuk tidak membongkar isi kulkas ? utk tidak keluar rumah dan maen di lumpur ? menjaga mereka agar tidak masuk ke got ?
agar mereka tidak menabur bedak di lantai , membawa pasir masukke rmh, mencoret coret dinding ,, dan lain sebagainya ,,
apa ada yang mengurus itu semua jika istri mu hanya diam dirumah ???
jika kau bisa memilih ,,, apa kau mau menjadi seorang istri yang hanya " diam " dirumah ???
ibu rasa,,, istri mu juga bisa cari duit pergi ke kantor,, bekerja dan plg sore,, tapi,,, apa kamu bisa " diam" di rumah seperti istri mu yang kau anggap hanya diam drumah ??
jangan kan 24 jam mengurus anak, 10 menit aja di suruh nemenin anak maen bentar kamu gk betah karena anak mu bandel, kamu capek kejar sana kejar sini,,
lalu ??? apa kamu masih menganggap istri mu itu hanya diam dirumah ??
apa istri mu tidak pantas utk mengeluh capek walau hanya sekali saja ??
apa hanya kau yang lelah ?? "
dan apa skrg kamu mau bertanya kenapa istri mu sudah tidak secantik dulu ??
apa kamu mau bertanya juga knp payudara istri mu kendor,,
apa kamu mau bertanya juga knp istri mu gk pernah dandan ??
knp istri mu gk secantik wanita2 di luar sana ???
biar ibu kasih tau..
jangan pernah kau banding kan kecantikan istri mu dengan wanita muda di luar sana,. karena istri mu sudah mengorbankan seluruh jiwa raganya utk mengabdi padamu
jgn pernah banding kan payudara istri mu dengan payudara wanita muda di luar sana yang masih kencang tegak menantang,,,
karena istri mu rela bentuk badan nya berubah demi supaya anak anak mu mendapatkan ASI yang manfaat nya tidak bisa kau beli dengan Uang sebanyak apa pun ,,
jgn pernah kau banding kan istri mu dengan wanita muda di luar sana yang terawat,, karena istri mu sudah menumpahkan segala waktu nya utk merawat anak2 mu dan mengurus rumah tanggamu ,,,jangan kan ke salon,, pake lipstik aja boro2, Harga lipstik mahal ,, cukup utk beli susu anak ..
pas mau dandan anak Mu menjerit karena jatuh dr atas meja , entah apa yang di lakukan anak mu di atas meja, semua di panjat nya ,, lemari, kulkas, dll
kau pikir istri mu sempat bergaya ?? dan bagaimana dengan kamu ??
apa kamu pernah berinisiatif menjaga anak mu sebentar agar istri mu bisa ke salon melakukan perawatan ?
atau apa kamu mau sekedar membantu nya menjemurkan kain saat pinggangnya sudah hampir patah Abis nyuci se gerobak ??
dan ... apa pernah kamu tanya dia udah mkn atau belom ? dia capek perlu di pijit atau tidak ??
hanya dia yang bertanya seperti itu padamu ,,, walau pun dia ingin sekali kau tanya demikian ,.,
.
Adam tertegun,, terdiam sambil melihat kedua anak nya yang dalam waktu sebentar sudah berhasil membuat rumah nenek mereka menjadi lapangan bola yang semua benda berjatuhan terkena tendangan bola, karena tidak ada yang mengawasi selama Adam dan ibu nya berbicara
Dia baru sadar.. bahwa jerih payah seorang istri tak bisa di bayar dengan apapun,, perjuangan seorang istri tak tergantikan oleh apapun,, tak ada yang mampu se tegar dan sehebat seorang istri ...
Air mata nya Hampir menetes jika teringat saat dia plg kantor, dia membangunkan istri nya yang baru terlelap utk membuatkan secangkir teh ,, walaupun mgkn istri nya lelah dan mengantuk, dia tetap bangun dengan ceria dan membuat kan teh utk suami nya yang tidak tau kelelahan nya ,..
.
Adam ingin kembali ke rumah utk meminta maaf kepada istri nya, dan saat dia membuka pintu, dia melihat istri nya sudah ada di depan pintu dan langsung memeluk nya.. istri nya juga menangis...
"Maafkan aku sayang ,,, " kata adam sambil menangis,,

10 comments

  1. makanya kalo dalam pernikahan yang paling penting adalah bagaimana satu sama lain saling menghargai., itulah yg bisa membuat kehidupan rumah tangga yang harmonis.,., nice story min (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling menghargai dan juga saling mengerti :D

      Delete
  2. waaah.... romantisnya... mengharukan supeeerrr nieh....

    http://www.tafshare.com/2016/05/ini-dia-14-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-bag1.html

    ReplyDelete
  3. Ane pernah gan seharian tuh sama anak2 ngurusin rumah. Gak sanggul rasanya kalau tiap hari kerjain semua itu. Tapi, wanita yg udah mau ngelakuinnya itu benar-benar kuat. Apalagi, kalau pas suami pulang ke rumah mintanya macam2. Minta kopi lah, pijet kah, inilah itulah...

    Maka, yg belum nikah harus perhatikan ini. Cobalah berempati dengan kondisi pasangan kita.

    ReplyDelete
  4. mantap gan Cerpennya romantis ditungggu cerita selanjutnya ygan

    ReplyDelete
  5. suami yang kurang menghargai istri itu namanya. namanya juga cerpen hehe. keren gan cerpennya.

    ReplyDelete